Loading...

Praktekkan Pola Away

JEPARA - Uji coba menjamu PSIS Semarang besok, rencananya bakal digunakan Bang Jun-panggilan akrab Pelatih Persijap Junaidi-untuk melatih kemampuan para pemain menghadapi lagaaway dalam lanjutan ajang Superliga pada pekan pertama Desember mendatang.

''Kami akan mencoba mempraktekkan strategi away sebagai bentuk persiapan menghadapi pertandingan away sesungguhnya di kompetisi," jelas Bang Jun, kemarin. Namun, menyangkut strategi away seperti apa yang akan diinstruksikan kepada Evaldo dkk, Bang Jun enggan menjelaskannya secara detail.

''Yang jelas, kita ingin melihat sejauh mana pola tersebut dipahami dan dikuasai anak-anak," imbuh pelatih PON tim Kalimantan Timur tahun 2004 ini.

Berdasarkan pengalaman selama ini, pola yang sering dianut Persijap dalam laga away lebih difokuskan pada penguatan lini pertahanan dan mengandalkan serangan balik. Ini terutama jika lawan yang dihadapi adalah tim-tim papan atas.

Disinggung mengenai target yang akan dicapai dari uji coba dengan PSIS, Bang Jun mengaku tidak melihat dari hasil menang atau kalah. ''Yang terpenting bagaimana anak-anak bisa mempraktekkan instruksi dan bermain maksimal serta tidak meremehkan lawan. Siapapun lawannya, para pemain harus bersunguh-sungguh. Itu hal yang mesti diingat-ingat pemain," jelasnya, usai mendampingi anak asuhnya berlatih di Stadion Gelora Bumi Kartini (SGBK).

Mengantisipasi kekurangan striker setelah Iswanto kemungkinan bakal beristirahat panjang untuk memulihkan cedera, Bang Jun mengaku sudah menyiapkan salah satu pemain muda Persijap untuk dijajal kemampuannya, yaitu Farikin. ''Ya kita akan coba kemampuan dia. Mudah-mudahan bisa sesuai harapan kita," imbuhnya.

Persijap saat ini memang pantas khawatir. Di lini depan yang tersisa hanya tiga striker yaitu Pablo Frances, Noor Hadi dan Eki Nurhakim. Dengan kompetisi yang panjang, pemain cukup rawan terkena cedera, hukuman akumulasi kartu kuning maupun ganjaran kartu merah.

Salah satu alternatif solusinya tentu saja dengan memberlakukan rotasi pemain. Nah, dengan stok pemain yang terbatas, ini tentu menjadi pekerjaan rumah (PR) berat buat Bang Jun.(zis/aji/JP)
Super Liga 1396626859271752867

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Follow Us


History

Official Jersey

Archive

Follow by Email