Loading...

Gol Kontroversi Sumbangan Wasit Sumardi

Trisula maut milik Deltras Sidoarjo, Danilo Fernando, Marcio Sauza dan Cristiano Lopes menjadi mimpi buruk bagi pertahanan Persijap Jepara. The Lobster mengalahkan Laskar Kalinyamat dengan skor 5-3 dalam lanjutan Djarum Indonesia Super League (ISL) di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Rabu (12/1). Gol Deltras dilesakkan Sauza di menit 5 dan 67, Lopes (21' dan 51') dan Fahmi Amiruddin (85'), sedangkan gol Persijap dicetak Gendut Doni (38' dan 48') serta Noorhadi 65'.

Pertandingan yang menarik ini dinodai dengan keputusan-keputusan wasit Sumardi yang kontroversial. Beberapa keputusannya merugikan tim tamu. Salah satu yang dinilai sangat merugikan Persijap adalah gol ketiga dari kaki Lopes. Bola yang dikira keluar oleh penjaga gawang M Yasir, ternyata masih belum keluar. Bola dari kaki Souza itu diumpankan kepada Lopes dan tinggal menendang ke gawang kosong karena seluruh pemain Persijap mengira bola tersebut keluar.

Selain keputusan wasit yang kontroversial dengan memberikan offside saat Persijap menguasai bola, sangat memengaruhi mental anak asuh Suimin Diharja. Gol pertama dari Deltras dicetak Souza di menit kelima setelah memanfaatkan bola silang terukur dari kaki Danilo Fernando. Gol pertama itu sempat diprotes pemain Persijap karena Souza berdiri offside. Namun, hakim garis tidak menggubrisnya. Lopes memperbesar keunggulan Deltras pada menit 21 memanfaatkan umpan Danilo Fernando.

Guti yang tak memberikan kontribusi berarti diganti Suimin di menit 26 dengan Ango Julian. Pemain berusia 23 tahun ini mampu menjawab kepercayaan dari Suimin dengan penampilan terbaiknya. Dia bersama Dimas Agung dan Johan Juansyah menjadi tiga kekuatan di lini tengah. Gol balasan baru tercipta di menit 38 melalui tendangan Gendut Doni setelah memanfaatkan bola muntah di mulut gawang kiper Deltras Yanuar Tri Firnanda. Babak pertama ditutup dengan skor 2-1.

Main Terbuka
Masuk ruang ganti, Suimin memompa semangat Evaldo Cs untuk bermain lebih terbuka. Hasilnya, memasuki babak kedua baru berjalan tiga menit, tusukan Johan melalui solo run di sayap kanan pertahanan Deltras memberikan umpan ke Gendut yang lepas dari kawalan Bejo Sugiantoro. Bola placing itu tidak dijangkau Yanuar. Skor imbang 2-2 disambut puluhan suporter Banaspati dan Jetman yang menonton langsung di stadion.

Gol ketiga Deltras lahir dari sebuah kontroversi keputusan wasit Sumardi. Bola yang seharusnya out itu, tidak menjadi bola keluar, melainkan bola sontekan Souza diumpankan Lopes dan menjadi gol.
Tepat menit ke 65, umpan Johan bisa dimanfaatkan Noorhadi yang lolos dari kawalan Sugiantoro. Bola liar itu dilop jauh dari jangkauan Yanuar. Setelah itu, gol kembali lahir melalui tendangan Souza dan Fahmi melengkapi kemenangan The Lobster sore kemarin.

Anjar Jambore asisten pelatih Persijap saat jumpa pers mengatakan, kemenangan Deltras ini dinodai dengan kepemimpinan wasit yang kurang fair. Secara fair, Anjar juga menilai permainan Deltras utamanya tiga ekspatriat penyerang diatas rata-rata pemain Persijap. ”Guti ditugaskan mematikan pergerakan Danilo, tetapi tidak jalan,” tandasnya.

Nus Yadera, asisten pelatih Deltras mengemukakan, hasil sempurna itu merupakan kerja keras seluruh pasukannya saat bermain di kandang. Kemasukan tiga gol di partai home, dinilai Nus karena keluarnya pemain bertahan Steve Hesketh lantaran cedera.
Wasit mengeluarkan dua kartu kuning, masing-masing Guti (20') dan M Zainuri (65'). (J4-73/SM)
Supporter 3994759620283161039

Posting Komentar

  1. masalah lama,soal wasit.
    tapi cukup menjanjikan juga,3 gol di laga tandang,produktif juga.
    Yasir kainnya kurang bagus kmaren.

    BalasHapus
  2. Usul saja BOSS,

    Klo memang guti tidak Bagus dan tidak bisa berkembang di tim, mendingan di jual aja pak boss !!
    Tuuh pelatih pujaan guti dan yang memilih guti (mr. Diva Alves) balik lagi ke indonesia, coba di tawarkan ke dia aja. Info dari internet sekarang dia membesut "Minangkabuau FC/ Kabau sirah FC".
    Nek rak gelem tuku, Diwenehke cuma cuma wae, ben dirumati diva.

    Sing jelas nek ngrumati "GUdal TaI" ora ono gunane boss. dipasang karo ora, ora ono bedane. Marakke susah thok.

    kemaren kita memang dikalahkkan wasit ASUmardi.
    Ada baiknya kita PROTES KERAS ke BLI dan PSSI terkait perlakuan wasit, Sekalipun hasilnya PERCUMA.........
    Setidaknya kita sudah lewat jalur yang benar untuk memberikan komplain dari pada mengumpat didepan wartawan. Eman eman cangkeme mas anjar, iso iso diganjar denda ko KOMDIS. Bukan berarti kita takut, tapi kita harus berpikir efisien. Daripada mbayar denda bosss

    Kirim surat protes, Blow up di media massa !!!

    Salam merah sejati

    BalasHapus
  3. setuju didit...lebih baik PERSIJAP protes kerasn ben gak ge gapah2an...tiap guti melu main mesti kalah

    BalasHapus
  4. KALO bicara Qualitas ISL atmosfernya lebih baik dari LPI,TAPI kembali lagi saya mo bertanya 7an PERSIJAP ikut kompetisi itu untuk APA???JUARA,PRESTASI,FAIRPLAY,membuat SUPORTER senang,TIDAK menghambur2kan DANA APBD ato untuk APA???KALAH MENANG dalam sepak bola adalah hal biasa,TAPI klo didalam kompetisi tersebut sudah DISUSUPI dengan AGENDA suatu kepentingan PRIBADI ato KELOMPOK ato ORGANISASI mustahil PERSIJAP bisa meraih JUARA,PRESTASI,mendapatkan FAIRPLAY,membuat SUPORTER senang,dsb.Yang ADA TEAM dengan dana PAS2an dizolimi main CANTIK tapi bikin HATI PANAS karena tidak bisa berbuat apa2 protes pun percuma,yang ada dari BLI sibuk ngumpulin UANG DENDA2 dr team2 peserta ISL.terserah bagaimana teman2 menilai Qta disini bebas berkomentar n berpendapat.Salam Merah Sejati

    BalasHapus
  5. Yasir tidak bagus sering membuat blunder untuk tim.. ganti danang saja

    BalasHapus
  6. sanx maescotz persijap13 Januari 2011 12.01

    wasite rax masox.........................buak rax west..........................................

    BalasHapus
  7. PENTING PERSIJAP MENANGAN... ..

    BalasHapus
  8. persijap okeeeee. klaah menah hal biasa tapi pemain yang gak bisa di buang aja

    BalasHapus
  9. setiap ada pertandingan di kandang deltras ada aja masalahnya contohnya persema ,,, wasitnya kurang seportif ,,, jngn2 deltras lolos ke lsi 2011 karna bantuan wasit ,,,
    deltras tdk seportif

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

Follow Us


History

Official Jersey

Archive

Follow by Email