Loading...

Mulai Andalkan Skuad Muda



PENGELUARAN untuk belanja pemain tak melulu berbanding lurus dengan prestasi. Nyatanya, beberapa klub justru moncer, meski tidak punya pemain bintang. Persijap Jepara, misalnya. Klub berjuluk Laskar Kalinyamat itu bisa bersaing hingga merangsek ke peringkat ketujuh klasemen sementara ISL 2009-2010.

Dengan anggaran total Rp 15 miliar, Persijap tak memiliki pemain bintang musim ini. Tim besutan Junaidi itu malah lebih sering mengandalkan pemain juniornya. Misalnya, Alex Fauzi dan Nanang Khanafi. Persijap juga malah mampu menyumbangkan pemainnya untuk memperkuat timnas U-23 pada SEA Games XXV/2009 Laos lalu, Johan Juansyah.

Fenomena serupa terjadi pada PSM Makassar. Meski sudah memprediksi sulit bersaing dalam ISL kali ini, tim berjuluk Pasukan Ramang tersebut tetap mempercayai amunisi muda yang mereka miliki.

Manajemen PSM tak menampik bahwa alasan utama penentuan kebijakan itu dipengaruhi kantong bendahara yang tak sebesar musim-musim lalu. Jika dicermati, hanya ada sejumlah jari pemain senior. Misalnya, Syamsul Chaerudin, Syamsidar, Handi Hamzah, dan Adnan Buyung. "Malah hampir 60 persen pemain di ISL saat ini jebolan U-21 kami," ujar Imran Amirullah, asisten pelatih PSM.

Penampilan mereka pun tak buruk-buruk amat. Seperti, Aditya Putra Dewa dan Fadli yang tampil cemerlang dalam beberapa laga. (vem/fim/diq)
Skuad 4878483886467184369

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Follow Us


History

Official Jersey

Archive

Follow by Email