Loading...

Eksklusif Interview: Gustavo 'Guti' Ribeiro

Gustavo 'Guti' Riberio adalah pemain asing debutan Persijap asal Portugal, ia sekaligus kali pertama bermain di Indonesia Super League. Dalam beberapa uji coba Persijap, ia tampil cukup impresif dengan mencetak beberapa gol dan membuat beberapa assist. Bahkan, saat kali pertama tampil di laga uji coba Persijap, ia langsung mencetak hattrick ke gawang Kenari Stars, namun di lima laga awal kompetisi musim ini ia nampak kurang begitu garang. Ada apa dengan seorang Gustavo Riberio?
Berikut ini adalah hasil interview salah satu rekan P.O.S YAB, dengan pemain asal Portugal tersebut.

T: Suporter Persijap ingin mengenalmu lebih jauh. Kami mencoba untuk memahami karaktermu di lini depan, namun saat ini beberapa kalangan supporter mulai meragukan kemampuanmu sebagai seorang striker. Bagaimana perasaanmu?

J: Memang… saya belum mempunyai apapun untuk membuktikan. Itu wajar jika mereka berfikir demikian, dan mereka meragukan penampilan saya karena kami tidak mendapat point di laga kemarin. Itu wajar, tapi cobalah pahami… dua gol yang tercipta saat ini, itu adalah hasil dari jerih payah saya juga. Gol yang dicetak Doni juga bermula dari umpanku. Kemarin saya juga yang memberi jalan dan umpan untuk Riski hingga akhirnya kami mendapatkan hadiah penalti. Ini sangat penting! Tolong pahami itu… Di Eropa, pemberi assist sangat dihargai, tapi di sini sepertinya assist tidak dinilai. Di sini orang-orang hanya menilai dari hasil saja, bukan proses.


T: Sebagai sesama bangsa Portugal, apa yang kamu rasakan saat Divaldo Alves dituntut mundur oleh supporter?

J: Tidak, saya tidak akan bicara banyak tentang itu. Hanya saja, di sini orang-orang Indonesia perlu banyak belajar untuk memahami arti dari sepakbola sebenarnya. Mereka belum tahu. Divaldo Alves pergi bukan karena istrinya atau karena kualitas strateginya buruk, dia pergi karena tekanan suporter. Dia mendapat tekanan dari supporter, tapi manajemen tidak mendukungnya. Sebenarnya dia pelatih yang bagus! Hanya saja, banyak dari pemain Persijap yang tidak bisa memahami dan merealisasikan strateginya. Kapten kami, Evaldo juga menyadari hal itu.


T: Bagaimana pendapat Anda sendiri tentang Persijap: dalam tim manajemen, tim pelatih, dan suporternya?

J: Saya pikir tim manajemen telah melakukan beberapa hal yang mesti mereka lakukan, namun saya tidak tahu banyak untuk masalah ini, dan saya pikir saya tidak perlu ikut campur masalah ini. Untuk pelatih, saya tidak mempunyai perkataan apapun terkait pelatih baru ini, tapi sejauh ini saya pikir dia bagus. Untuk suporter, mereka membuat sebuah kesimpulan yang keliru, saat tim butuh dukungan, mereka justru terkesan minim dalam memberikannya. Saat ini tim sedang dalam kesulitan, kami butuh dukungan, bukan dengan meninggalkan tim saat kondisi buruk seperti ini.


T: Bagaimana pendapatmu tentang kompetisi di Indonesia Super League?

J: Ini adalah kompetisi yang bagus. Pemain-pemain Indonesia di sini bermain sangat cepat dan keras, namun mereka sangat minim dalam skill, tehnik, dan taktik. Tapi itu wajar… (setiap pemain mempunyai karakter masing-masing). Saya hanya tidak suka dengan wasit-wasit di sini, mereka sangat amatir. (Dalam sebuah pertandingan, wasit tidak berani memberi kartu, tapi di pertandingan lain, wasit sangat murah dalam memberi kami hujan kartu.)


T: Bagaimana pendapatmu tentang Indonesia Super League dibanding liga-liga yang pernah kamu rasakan sebelumnya?

J: Menurut saya, kompetisi di sini bagus, dan semua nyaris sama… hanya saja nilai lebih di liga-liga lain yang pernah saya rasakan adalah tim mempunyai pemain-pemain yang mempunyai kualitas bagus dan merata, seperti ini misalnya, kamu bermain lebih baik dan mereka juga membantumu dengan memahami karakter permainanmu, mereka juga turut membantumu dalam meningkatkan kualitas tehnik, dan suporter juga sangat mendukung kami. Begini… Saya akan memberimu satu contoh, saat saya bermain satu musim di Divisi 2 Liga Yunani, tim kami sama sekali tidak meraih kemenangan di 10 laga awal, namun manajemen tidak mendepaknya. Tim manajemen tetap mendukung kami, dan suporter juga masih total dalam mendukung kami. Kenapa demikian? karena mereka percaya pada kami, dan pada akhirnya kami sukses finish di urutan 3 klasemen akhir. Kami mendapat jatah playoff untuk promosi. Ini sangat penting.. berilah kami kesempatan dalam menjawab tantangan ini.


T: Ada pesan untuk kalangan suporter?

J: Tolong sampaikan hal ini pada mereka. Bilang pada mereka, jangan hanya menilai dan melihat kami saat kami dalam kondisi buruk. Kemarin saya tidak dalam kondisi yang bagus secara umum. Sebuah permainan yang bagus tidak selalu bisa melahirkan hasil bagus yang selalu sama, tapi kenapa pekan kemarin mereka tidak memuji penampilan kami?? Ketika kami melawan AREMA, saya dan Evaldo bermain sangat impresif menyisir lapangan, tapi kenapa mereka tidak berbica memuji kami? Saya juga banyak memberi umpan-umpan matang pada Doni, namun sayang Doni gagal mencetak gol. Kenapa mereka justru menyalahkan saya?? Mereka harus melihat secara menyeluruh, jangan hanya melihat saat kondisi permainan kami sedang buruk. Tim ini adalah tim baru, manajemen juga harus memberi waktu pada kami, karena tim ini mulai banyak berbenah. Jangan hanya menjadi suporter ketika kami bermain bagus. Jika supporter masih seperti ini terus, ini tidak akan menolong tim, bahkan hal ini akan semakin menjatuhkan tim.

Supporter boleh saja mengatakan permainan saya buruk. Okay… tapi tolong pahami saya. Saya sedang tidak pada penampilan terbaik saya. Tolong pahami hal ini… siapa yang membuat banyak peluang di laga-laga kemarin? Siapa yang membuat tim mempunyai peluang untuk menembak gawang? Siapa yang memberi umpan yang kemudian melahirkan penalti? Kenapa saya gagal, karena di depan hanya saya yang turun mengambil bola sampai lini belakang. Saya mencoba menemukan permainan terbaik saya. Saya akan terus mencoba untuk tim agar bias berkembang. Tolong pahamilah ini…

Terima kasih banyak atas waktunya. Besar harapan kami agar besok kamu mencetak banyak gol dan banyak assist untuk Persijap. Semoga sukses !! kepadamu kami percaya, bahwa kamu adalah striker yang bagus. Terima kasih.


_____

-Reported by YAB (Yanuar Aris Budiarto) (P.O.S)
Supporter 1554388054941747439

Posting Komentar

  1. Cah Njepaten (K_Baret)26 Oktober 2010 02.11

    Guti....
    ini Indonesia,bukan eropa...
    sudah cukup anda berbicara,sekarang tunjukan aksimu di lapangan berikan kami kemenangan....
    buat semua suporter persijap mari dukung buat kemenangan Laskar Kalinyamat jepara...
    kita bisa jadi pemain ke 12 untuk PERSIJAP....

    BalasHapus
  2. awalnya ada perkembangan. tp melihat permainan guti kemarin kami tambah ragu rek... siapa bilangg kami cuma melihat hasil. kami memperhatikan penampilanya jg. payah...

    BalasHapus
  3. SALAM PERSIJAP......
    KAMI MASYARAKAT JEPARA MENDUKUNGMU..... TP JANGAN BUAT KAMI MALU...... IMBANGI YANG KAMI MAU.. KAMI PECINTA PERSIJAP.... SEJAWA TENGAH HANYA KAMU YANG MAMPU.... BERJUANGLAH...... KAMI SELALU MELIHAT MENDENGAR DAN ADA UNTUKMU.......

    BalasHapus
  4. Ngecemu kui lho gut!!! Lek indonesia mak arani rak ndue skill, tehnik dan taktik. Emange koe ndue po? Koyo pinter2o dw! Koe kuwi malah sak ngisore pemain lapis 2 PERSIJAP bung. Perbaiki dirimu jangan membandingkan liga indonesia dgn eropa. Ati2 mbe wasit indonesia mulake rak sah polah. Pemain asing kuwi gae conto yo kelakuake, skille, tehnike.

    Jeh bejo kowe d nei kesempatan (padahal yo gagal terus) nang kene.

    "PERSIJAP till I die"

    BalasHapus
  5. saya setuju ama om Guti karna tim yang sedang terpuruk lebih membutuhkan dukungan untuk dapat bangkit kembali bukannya malah di tinggalkan atau di tuntut untuk menang karna itu hanya akan membuat tim menjadi tertekn ...
    saya yakin om Guti masih bisa bermain pada perfoema terbaiknya dan mampu memberi kontribusi terbaik untuk persijap ...

    BalasHapus
  6. FANATIC SPECTATOR26 Oktober 2010 06.58

    Team Work adalah seluruh komponen yg ada bekerjasama, ibarat tubuh manusia, bila kaki terantuk batu maka mulut yg mengerang aduh!, mata melihat, telinga mendengar dan otak berfikir. dr ilustrasi itu kita hrs jernih berfikir, layakah kekalahan demi kekalahan hny ditumpukan kpd 1 atau 2 orang saja, bukankah Persijap adlah sebuah komponen2 yg menyatu, mulai dr manajemen, pelatih, pemain, suporter, sponsor mrpakan tubuh itu sendiri, jadi marilah disaat terpuruk ini janganlah slg menyalahkan 1 sama yg lain.

    Pesan untuk mbah imin; sbagi pelatih kepala anda tidak selayaknya mecari kambing hitam atas kekelahan team. janganlah mnjadi pecundang ditengah bara api. mbah imin , anda adalah pelatih yg sdg dipercaya, seolah anda mau bersembunyi atas kegagalan Persijap, oleh karenanya sebaiknya justru anda yg paling bertanggunjawab atas kekalahan ini. buatlah statement yg kondusif, jng pakai psy-war untuk melindungi diri, kasihan mereka bertiga. bukankah anda yg harus bs menyulap mereka mnjadi pemain yg baik?...Waktu masih panjang...Perjuanglah...
    Semoga!!!

    Bravo PERSIJAP

    BalasHapus
  7. Persijap lovers26 Oktober 2010 07.04

    Klo anda C.Ronaldo mgkn aq memaklumi klo anda ngomong Indonesia ga punya skill n taktik. Apa anda punya???

    Berusaha dan buktikan pada kami klo anda mampu bersaing.

    Jangan sekali2 anda menjelek2an Indonesia klo anda jg jelek. Aq masih sabar. Tp kesabaranku jg ad batasnya.

    Keep spirit n jangan menyarah gut....

    BalasHapus
  8. 4 fanatic

    lihat mas postinganmu akhir2 ini menyudutkan danang semua. Apa anda sudah sadar klo anda menulis seperti ini?
    Klo aq sudah menjalankan kwajibanku (walau hak ku blm terpenuhi) sebagai suporter yaitu mendukung! Gari manjemene, pemain n pelatih iso ngimbangi po ga?? Selama PERSIJAP blm d bs berbenah. Nama DIVA dan ANWAR akan kukenang selalu sebagai penghancur PERSIJAP...

    "PERSIJAP till I die"

    BalasHapus
  9. Anda yg harus beradaptasi dengan sepakbola Indonesia, bukan sepakbola Indonesia yg beradaptasi dg anda. Lihat pemain asing di club lain mereka pintar dan cepat beradaptasi dg karakter bermain tim2 di Indonesia.

    BalasHapus
  10. Kang Guti... Jika yg anda omongkan adalah memberikan assist bagi tim, dan pnyelesaian akhir anda kurang bagus, sebaiknya anda bertukar posisi sebagai gelandang serang/pemain tengah saja. Mungkin ini saran demi kebaikan PERSIJAP sekaligus kesempatan bagi anda..

    Tunjukkan dan buktikan skill anda yg selama ini belum kami ketahui...!!!

    BalasHapus
  11. Bener kui kang Fhaimenz, kebeneran jare saiki PERSIJAP tuku striker anyar, ben kang GUTI dadi supplier bola seko tengah wae, drpd nek dekne neng ngarep jarene skille ora iso metu, muga2 wae mbah imin tanggap kro situasi iki...

    BalasHapus
  12. Mbah imin.. amunisi barune PERSIJAP kui pilihanmu ora ??
    Nek rekomendasimu yo kudu dadi, nek ora yo mengko ojo disalah2ke... diajari sek apik yo... Ojo di downke mentale, wis mboh iku karepmu, didandani kabeh sek bener... ok...

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  15. sanomae(sanoesai maemunah)26 Oktober 2010 08.52

    Y.A.B wawancara mbek guty....wah apik carane mbelo guti,setuju...jd kesalahane nok pelatih...selamat Y.A.B anda telah sukses menjatuhkan BSD,tak dongakno kwe dadi pelatih,pelatikh kemaki sing sok tempe,TAILASO SUNDALAK KONGKONG...wes pe..en wae persijap gak perlu ono suporter

    BalasHapus
  16. Saya suka opininya anonim walaupun tidak tau seiapa dia sebenernya.. Pablo adalah contoh konkret, sama2 ekspatriat,musim pertama tampil di Indonesia..tapi bermain luar biasa...silahkan dibandingkan keduanya dari smua aspek..skill,kemampuan beradaptasi dan sebagainya...

    @Sanomae Verry good...!!!

    BalasHapus
  17. GUTI KOYO SINETRON WAE MOCO KOMENTARMU,BEHARAP SUPORTER MELAS KRO KOWE.JENGENMU TOK SING MAMBU MAMBU KOYO PEMAIN TOP TERKENAL EROPA.RAK RETIO GUTI=GULUNG TIKAR,GUOBLOK TIBONAN.rak wani gowo bal ngosek angger ora iso ngliwati pemain lwn dtempel sitik ora diapak2no yo nibo ben nutupi isine,slh umpan,bola mudah lepas,dpt peluang finishing touche koyo gudal.

    BalasHapus
  18. Klo ngomongin PABLO ga ada habisnya, semangatnya itu lho RUARR BIASA jadinya bisa menular semangatnya ke pemain lain... Lha klo GUTI (guOOOOOOBLOOKKK tiBONANNNNN) ga salah klo mbah imin bilang mau mengobral murah2.

    Maaf kang guti bukan aq menjatuhkan mental anda. tapi ini penilianku d lapangan selama PERSIJAP bertanding. grafik anda menurun tajam. Klo anda pemain profesional jadikan kritik sebagai pelecut semangatmu. Jangan permainkan PERSIJAP. Jangan kau kecewakan suporter PERSIJAP.

    BalasHapus
  19. klu bang imin berkata begitu karna mungkin dah gak sanggup ngrubah pemain asinge....jane seng keterlaluan yo pemain asinge.(kecuali evaldo lho)guti skill kalah ma pemain lokal,xavi mlh blas....kenapa managemen dlu bang imin daftar gak digubris..imin di ambil karna diva didemo...milih pemain ngawur...pelatih siapapun klu pemain yg seharusnya jd andalan kontribusi gak ada yo tetep aja gak bs..jaksen tiago sblm nglatih persipura jg hasilnya buruk..tp begitu dpt pemain bagus hasile memuaskan....pelatih punya strategi yg harusnya pemain jg bs melaksanakan..klu pemain skill bagus hasil jelek menurutku yo jelas pelatihe...bang imin kami mendukungmu..

    BalasHapus
  20. banaspati patigeni26 Oktober 2010 11.00

    GUTI BUKAN PABLO, PABLO BUKAN GUTI

    Mereka 2 Pemain berposisi sbg striker yang beda karakter. Pablo pemain yang pnya fisik, power dan skil bagus, dia bertugas sebagai pendobrak/ pengobrak-abrik pertahanan lawan dg kelebihannya itu. Sedangkan GUTI, dia juga punya skil bgus,pergerakannya dinamis dan punya visi bermain yang bagus, tp dia tipenya bukan sbg pendobrak pertahanan lawan, dia lebih sebagai GOAL GETTER. Dia harusnya jadi penerima umpan bukan pemberi umpan. Jadi, PABLO BUKAN GUTI & GUTI BUKAN PABLO . Semoga dia bisa memberi yang terbaik untuk PERSIJAP.

    BalasHapus
  21. iki pemain persiwa wes do ndekem ning JI, kanggo lek min, kabeh pemain ayo ndang siap siap kesok tempur karo persiwa, boktekno yen kuwe iso terutama kanggo guti yen ngomong ojo asal njeplak,,,! kesok maine seng apek ojo leda lede,,,! aku isen yen kalah meneh opo meneh ndek winggi aku sempat kesorot kamera tipi pas posisine songgowang,,, sedih mikir persijap kalahan.... ayo semangat,,, guti kesok lek dimainke ojo mung mloya mlayu,,, soale mlayumu rak enak didelok ... klewar klewer ...!

    BalasHapus
  22. Hery malmsteen26 Oktober 2010 11.15

    Mau kamu tunjukkan kapan permainan terbaikmu guti..? sampe akhir kompetisi..? kamu terlalu membela diri guti... "HASIL" itu utama, krn kompetisi sudah berjalan. permainanmu tdk mendukung terciptanya hasil yg max. sebab anda gak punya : speed, skill yg baik. (5 laga kayaknya udah cukup untuk menilai permainan kamu.. pendapat sy, permainanmu "BURUK" )

    BalasHapus
  23. guti omong omong tok ! omonganmu gedine poll ! teko tek ngomong kui dipikir sek . sombong mu poll nang . umpan umpan apek rak soko guti tok ! pemain flamboyan ngono wae !

    BalasHapus
  24. persijap lover's26 Oktober 2010 12.14

    petikan wawancara di atas hanya menambah panas suasana jepara. komentar Guti lebih banyak menyorot kekurangan-kekurangan Indonesia, baik itu tentang kekurangan pemain Indonesia, wasit, suporter, dll,sedangkan untuk kekurangan dia sendiri, berusaha mencari justifikasi dan pemakluman.Statement-statementnya justru membuat panas suporter.ini sangat membuat panas hati suporter yang sebenarnya butuh bukti performa dia dilapangan. alangkah jauh lebih baik kalau artikel diatas dihapus oleh admin supaya tidak semakin memperkeruh suasana.
    untuk Guti, ini Indonesia bung, satu dua pertandingan kami masih memaklumi kekuranganmu tapi kalau sampai lima pertandingan masih nol besar ya maaf-maaf saja.kalau sampai menunggu 10 pertandingan seperti statement anda, ya sama halnya anda membawa persijap ke jurang degradasi.pelajari dulu kultur kami, baru anda bicara.Ingat!!!!! anda di negeri kami!!!!anda yang harus beradaptasi bukan kami yang beradaptasi dengan anda!! bagaimana kami percaya kemampuan anda, jika umpan aja salah terus,duel juga kalah,gol tidak ada, lari kurang power,so...jika kesalahan jauh lebih banyak dari assistnya,apa yang harus kami maklumi??? kami melihat penampilan secara menyeluruh bukan aksi kebetulan anda yang memberi assist!!!
    catatan penting bagi Guti:temperamental, itu terbukti dengan tingkah konyol dia yang memecah kaca saat usai lawan persema. udah kalah bikin ulah, ngisin-ngisini jepara.kami butuh pemain yang punya attitude dan skiil.

    BalasHapus
  25. Tunjukkan kalo kamu bisa GUTI,,,teruslah berjuang bersama2 punggawa persijap lainnya,,Kami slalu mendukung kalian,,,,,,

    BalasHapus
  26. FANATIC SPECTATOR26 Oktober 2010 12.21

    Tuk mas Inul daratista,
    saya tidak berniat memojokkan danang, tp trlebih berbicara fakta, untuk itu marilah kita pertdayakan lagi simpul2 yg dianggap lemah, justru jangan memperkeruh suasana, ingat JERBASUKI MAWA BEA...
    ganti pemain berarti banyak bea yg hrs dikucurkan, ironis sekali dng keadaan Persijap sekarang...
    Salam Persijapmania...

    BRAVO PERSIJAP

    BalasHapus
  27. Rivaldy_Celeste26 Oktober 2010 13.19

    Buat kak Guti

    Memang benar skil2 pemain2 Indonesia sangat minim.Tetapi mereka punya semangat juang yang tingi.Wasit juga demikian.
    Anda memang belum mengenal Indonesia,khususnya Jepara.Tim ini dalam dua musim Indonesia Super League memang tampil sangat bagus.Jepara salah satu kota kecil di Jawa Tengah tetapi tim sepakbola mereka(Persijap)tampil sangat bagus melebihi tim2 sepakbola yang lain.Sebuah impian yg sudah terwujud bagi masyarakat Jepara.Tim sepakbola mereka berada di liga nomor satu Indonesia.Persijap merupakan satu2nya tim yang merupakan wakil dari Jawa Tengah.Wajar jika suporter banyak mengkritik penampilan buruk Persijap termasuk anda karena 2 musim belakangan mereka tampil cukup baik ditambah banyaknnya pemain2 bagus musim kemarin dari tim ini yang pindah.Buat anda selamat berjuang anda bisa menjadi pengganti Pablo Frances jika anda terus berlatih dan membiasakan diri terhadap sepakbola Indonesia

    BalasHapus
  28. hei guti... Diva keluar tu bukan karena tekanan suporter semata atopun pakdenya melahirkan, tetapi karena MALU, malu melihat orang2 yg dibawa malah seperti ini, ya seperti kamu, omongmu gede tok rak ono isine, promosi-promosi neng internet terutama neng blog-mu seng koyo telek ayam kui,koyo pemain gede wae. lebih baik kamu diam merenung dan mengasah skilmu lg gak sah banyak bacot sprti itu. tidak usah bnyk menyalahkan wasit toh kalo permainanmu bagus dan bs nyetak gol yo wasit muni gol juga. satu lagi untukmu guti, jangan punya impian kalah sampe 10 pertandingan keburu lebar ligane,20 wae cukup. asem tenan...aku mangkel sek kringeten ki..dek wingi nek gak miker tv-ku seh kreditan wes tak gecak2 ndasmu neng tv, jare mutong ra nonton,tp yo seh nonton wae neng tv,malah koyo tembelek.

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  30. militan persijap26 Oktober 2010 13.50

    Sudah. Tidak usah saling menyalahkan satu sama lain. Manajemen, Tim dan Supporter adalah satu. Apapun itu kita harus dukung. Meskipun kalah kita harus semangat untuk memberikan dukungan agar para pemain kita (yang notabene tidak berbintang)...ncen rak ono sing jendral rek...hehehe bisa menunjukkan permainan terbaik mereka. Yuk kita lebih DEWASA...mengerti, memberi dan memahami. Semoga Persijap semakin baik. Bravo Persijap...

    BalasHapus
  31. For Banaspati patigeni

    Ya emang lah Guti bukan Pablo. Beda Jauh, Ga ada apa2nya bung, Pablo... Selamanya kamu adalah striker asing terbaik yang pernah dimiliki persijap. Oke klo dia goal getter knapa ditanya malah lebih enjoy ke pengumpan????????????????? "DI EROPA PEMBERI ASSIST SANGAT DIHARGAI, TAPI SEPERTINYA DISINI ASSIST TIDAK DINILAI" Tapi aku kan tetap mencoba bersabar untuk memahami gitu eh guti... :-p

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  35. ooooooooooo anonim Guoblok iku opo.... Di pikir mas opo dadine lek persijap kalah 10 kali pertandingan pertama??? igeti mas PERSIBA posisi 3 Klasmen akhir taun kemarin itu hanya kalah 10 kali itupun ga berturut2 Opo mungkin tim kalah peng 10 bar iku menang terusssss... Omongane guti kok mak percoyo iku lho.. Umpamane iyo paling guti yo rak melu main...
    Suporter kalah menang yo tetep nang setadion tho za, yen ono duite, soale nonton yo mbayar. Utange wes kakean iki lho goro2 ngebon gae nnton... Nonton sek wes d untang2ke kok malah ngene. Umpamane aku tuku barang iki aq ketipu. Nang arema pemaine sing kelas nasional n internasional wae 25ewu kok.. Manajere jan ora melek blass...
    Ayo PERSIJAP kasih aku semangat untuk mendukungmu.. Bangkitkan gairahku.. Menang adalah solusi....

    BalasHapus
  36. Ada benarnya ada tidaknya..

    BalasHapus
  37. guti kau mending istirahat saja!! masih bagus gendut dony dari pada kamu!!

    BalasHapus
  38. di persijap saya baru tau ada ekspatriat anti suporter
    LAIN DRI PABLO yg agak ramah ma suporter

    BalasHapus
  39. sebagai suporter kita tidak perlu mengungkit hal-hal yang sudah terjadi kemarin. saya paham akan keadaan persijap sekarang,kalian kecewa!! sayapun juga kecewa, bahkan sangat-sangat kecewa sekali dengan penampilan persijap diawal-awal musim ini. Biarlah yang kemarin memberi pelajaran yang berharga bagi kita (suporter), manajemen dan tim pelatih. Yang harus kita berikan (sebagai suporter) sekarang adalah dukungan agar mental para punggawa persijap tidak down, berikan kepercayaan penuh kepada manajemen dan tim pelatih untuk meracik persijap agar lebih baik dari musim kemarin.

    Saya apresiasi kepada rekan P.O.S YAB berkat beliau kita tahu unek-unek dari Guti. Terima kasih kepada seluruh anggota P.O.S yang mau memberikan informasi tim kesayangan kita, karena informasi ini sangat berharga bagi rekan-rekan pendukung persijap yang berada di luar jepara.

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

Follow Us


History

Official Jersey

Archive

Follow by Email