Loading...

Dua Strategi Hadapi Deltras



SIDOARJO- Menghadapi tuan rumah Deltras Sidoarjo dalam lanjutan Djarum Indonesia Super League (ISL) di Stadion Gelora Delta, sore ini, Persijap Jepara menyiapkan dua strategi. Selain pola permainan menyerang, pelatih Junaidi juga mempersiapkan skema terdahulu dengan lebih merapatkan barisan belakang. ”Kami memiliki dua pilihan. Pertama pola 4-5-1, kedua 3-5-2 seperti skema lawan,” kata Junaidi, kemarin.

Pernyataan tersebut menunjukkan pelatih asal Banjarmasin itu belum bisa berspekulasi banyak untuk bermain terbuka seperti diharapkan publik bola Jepara. Jika Junaidi menempatkan hanya satu striker di lini depan, taktik itu sama persis dengan caranya meredam tuan rumah PSM Makassar pada laga terdahulu.

Jika pola 4-5-1 diterapkan, Junaidi bakal kembali menempatkan Ilham Hasan sebagai penyerang murni. Pablo Frances melapisnya sebagai penyerang lubang.

Pablo yang memiliki fisik prima dinilai Junaidi bisa memerankan posisi gelandang serang. Di belakang, Phaitoon Thiabma masih dipercaya penuh mengawal pertahanan bersama Evaldo, Anam Syahrul, dan Sofyan Morhan.
Namun Junaidi masih ”trauma” dengan skema ini. Pasalnya, hanya menciptakan peluang yang minim seperti saat menahan PSM tanpa gol. ”Kami sudah melakukan evaluasi agar peran gelandang lebih bermutu. Jika tidak, sulit untuk menyerang. Tapi saya yakin PSM dan Deltras berbeda,” lanjutnya.

Opsi kedua dengan menempatkan dua striker dan lima gelandang diperlukan untuk mengimbangi tuan rumah yang juga diprediksi menggunakan formasi tersebut. ”Jika ingin lebih terbuka, kami tinggal menggeser Pablo ke depan bersama Ilham. Namun anak-anak tak boleh lengah dengan pertahanan,” tuturnya.

Junaidi tak merisaukan absennya penyerang Arnaldo Villalba. Dia menilai Pablo, Ilham, dan Johan Juansyah telah bersiap diri.

Edesio Absen

Tuan rumah Deltras dipastikan tak diperkuat ekspatriat barunya, Edesio Sergio Junior. Gelandang asal Kenya itu terkena akumulasi kartu. Absennya Edesio jelas mengurangi kekuatan lini tengah The Lobster. Gelandang lainnya, Danilo Fernando, juga dikabarkan dalam kondisi kurang prima. Namun Junaidi tetap yakin Danilo bakal merumput. ”Kami tetap menganggap Danilo bermain, sehingga tetap mengantisipasinya,” ujar pelatih berusia 45 tahun itu.

Danang Wihatmoko, kiper Persijap yang masih menjadi andalan di bawah mistar menyebutkan, The Lobster bakal bermain menyerang. ”Mereka ingin menang karena posisinya rawan. Kami siap menghadapinya. Kami juga ingin mendapat angka dari Sidoarjo,” kata Danang.

Kapten Evaldo menambahkan, Persijap rawan tergusur oleh tiga tim pesaing yang juga akan merumput. Ketiganya adalah Persib Bandung yang akan menjamu Persipura Jayapura, Persela Lamongan yang menghadapi Persiwa Wamena, dan Persik Kediri yang melawat ke kandang PSMS Medan. ”Jika kehilangan poin lawan Deltras, Persijap bisa masuk ke papantengah. Kami ingin tetap bersaing di papan atas,” tandasnya. (H15-78)
Super Liga 1868764159563916472

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Follow Us


History

Official Jersey

Archive

Follow by Email