Loading...

PSSI Tak Rela Persijap Pindah ke ISL

PSSI tak merelakan Persijap Jepara dan Semen Padang pindah ke kompetisi ISL. Induk sepak bola nasional itu berharap, dua klub tersebut tetap berkiprah di IPL hingga terjadi penyatuan liga pada 2014 mendatang.
Deputi Sekjen Bidang Kompetisi PSSI Saleh Ismail Mukadar menyatakan, upaya Laskar Kalinyamat dan Kabau Sirah hijrah ke ISL, justru dapat mencederai MoU yang disepakati Joint Committee (JC) di Malaysia. Berdasar kesepakatan tersebut, lanjut dia, kompetisi ISL akan diikuti 18 tim dan IPL 16 tim.

"Kalau mereka (PT Liga Indonesia-red) menampung Persijap dan Semen Padang, itu sama artinya mencederai MoU. Sebab, kontestan ISL membengkak menjadi 20 tim," ungkap Saleh di kantor PSSI, Senayan, Jakarta, kemarin.

Meski demikian, pihaknya belum mendapat kepastian dari Persijap, apakah benar-benar akan mengadu nasib di ISL atau tidak. Sebab, sejauh ini klub kebanggaan warga Jepara itu belum menyampaikan laporan resmi.

"Yang saya dengar serius pindah itu Semen Padang, kalau Persijap belum jelas. Tapi kami sarankan, jangan sampai pindah dulu sampai ada penyatuan liga," imbuhnya.

Berantakan

Apabila kedua klub nekat ke ISL, dia memperkirakan konflik dualisme makin runyam. Sebab, PSSI akan mencabut kesepakatan bersama yang sudah ada. "Proses rekonsiliasi pasti berantakan lagi. Saya yakin konflik akan bertambah panjang. Ujung-ujungnya, rencana penyatuan liga mungkin ikut berantakan," tegasnya.
Sejauh ini, PSSI masih menyertakan 13 tim untuk berlaga di IPL. Selain Persijap dan Semen Padang, tim lainnya adalah Persibo Bojonegoro, PSM Makassar, Persema Malang, Persebaya 1927, Arema, Persija, Persiba Bantul dan Persiraja Banda Aceh.

Selain itu tiga klub promosi dari Divisi Utama yakni Pro Duta, Persepar Palangkaraya dan Perseman Manokwari. Guna melengkapi kuota 16 tim, maka akan digelar play off yang diikuti empat klub yaitu PSIR Rembang, Bontang FC, PSLS Lhokseumawe dan Persibuol Buol. Tiga tim teratas berhak promosi ke IPL.
Apabila Persijap dan Semen Padang hijrah ke ISL, maka jumlah tim peserta akan menyusut menjadi 14 klub. "Guna melengkapi jadi 16 kontestan, otomatis akan ada play off lagi. Tapi belum dibahas, formatnya akan seperti apa," terangnya.

Kompetisi IPL dijadwalkan mulai diputar awal 2013 di kandang Semen Padang. Namun, seandainya Kabau Sirah menyeberang ke ISL, maka kick off akan dilakukan di markas Persebaya sebagai runner up musim lalu.(K4,wgm-93)
Super Liga 1860318725284048653

Posting Komentar

  1. wes ndak usah dengerin saleh mukadar, anteke persebaya, jd klube dewee yo di tandngke karo tim2 luar trus.

    BalasHapus
  2. Biar anjing menggonggong PERSIJAP tetap ISL.
    Hanya orang bodoh yang mau di bodohi PSSI "ingat kemaren"

    BalasHapus
  3. siapa takut dengan PSSI ?, kompetisi yang sejati ya di ISL

    BalasHapus
  4. persijap harus di ISL23 Oktober 2012 18.07

    rak sa wedi kro djohar..,seng glem brlaga nok IPL iku club'' bodoh yg takut sma acaman djohar sjak dlu liga papan antas indonesia itu ISl..,bukan liga IPL liga antar kecamatan

    BalasHapus
  5. pssi asu kabeh! Maju terus persijap di ISL lebih baik

    BalasHapus
  6. Jepara... tetap confiden dngn ISL.

    BalasHapus
  7. Mugo Mugo menang terus dan berjaya

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

Follow Us


History

Official Jersey

Archive

Follow by Email