Loading...

Draf Jadwal Liga Dirilis

PT Liga Indonesia (PT LI) merilis jadwal kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim 2010-2011. Menurut rencana, kompetisi sepak bola level tertinggi di Indonesia itu akan dimulai pada 26 September 2010 dan partai terakhir pada 19 Juni 2011. Berdasar jadwal yang dirilis kemarin, hari pertama akan mempertandingkan lima pertandingan.

Meski sudah dirilis, bukan berarti tidak ada kemungkinan revisi. "Jadwal ini dirilis sebagai draf. Yang namanya draf mungkin dibenahi," kata Joko Driyono, CEO PT LI, ketika ditemui di kantornya kemarin sore (1/9).

Menurut dia, ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab perubahan jadwal. Misalnya, adanya agenda klub yang bisa dipertanggungjawabkan.

"Perubahan jadwal juga mungkin terjadi jika ada permintaan dari pemegang hak siar atau timnas Indonesia, meski sebelumnya kami merasa sudah berdiskusi panjang lebar. Perubahan juga bisa terjadi karena error di pihak kami yang menyusun jadwal," lanjutnya.

Tapi, Joko menegaskan, 95 persen jadwal yang dirilis kemarin sudah fixed dan kemungkinan perubahan itu hanya di kisaran lima persen. Salah satu tim yang dipastikan mengalami perubahan jadwal adalah Sriwijaya FC. Dari draf yang dirilis pada Januari hingga awal Februari (tujuh pekan), juara Piala Indonesia 2010 itu harus melakoni 11 kali pertandingan atau jika dirata-rata, SFC harus melakoni sekali pertandingan dalam 0,63 pekan. Padahal, PT LI memutuskan, batas minimalnya adalah 0,65 pekan per satu pertandingan. "Untuk jadwal SFC, pasti ada pergeseran," ungkap Joko.

Dalam penyusunan jadwal ISL musim kompetisi 2010-2010, PT LI harus berkompromi dengan agenda timnas senior yang akan berlaga di ajang Piala AFF (Federasi Sepak Bola Asia Tenggara) 2010 pada Desember mendatang. Dengan adanya Piala AFF, PT LI memutuskan meliburkan kompetisi mulai awal November hingga akhir Desember. Pada 3-14 Oktober, kompetisi juga akan mandek untuk memberi timnas kesempatan melakoni dua partai uji coba internasional yang direncanakan pada 9 dan 13 Oktober.

Menghadapi kondisi itu, PT LI membuat solusi dengan tetap memainkan pertandingan yang melibatkan tim-tim yang pemainnya tidak dipanggil memperkuat timnas. Pada 3-14 Oktober, dalam jadwal yang diterbitkan PT LI kemarin, ada tujuh pertandingan yang tetap dilangsungkan. "Meski cuma satu pemain yang dipanggil timnas, tim itu tidak akan kami mainkan," tegas Joko.

Tapi, penyataan Joko itu menimbulkan tanda tanya. Sebab, berdasar jadwal yang dirilis, masih ada Persiba dan Persema yang main antara 3-14 Oktober maupun November hingga Desember. Padahal, saat ini, ada dua pemain timnas yang berasal dari dua klub tersebut, yaitu Dony Siregar (Persiba) dan Jaya Teguh Angga (Persema). (ali/c6/diq)

---

JADWAL ISL 2010-2011

Pekan Perdana

Minggu, 26 September

Persijap v PSM

Persibo v Persiba

Semen Padang v Persipura

Pelita Jaya v Persiwa

PSPS v Persija

Selasa, 28 September

Persela v Persib

Rabu, 29 September

Persisam v Arema

Bontang FC v Persema

Deltras v Sriwijaya FC

Persijap v Persiba

Persibo v PSM
Super Liga 2871183349250465766

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Follow Us


History

Official Jersey

Archive

Follow by Email