Loading...

Adaptasi dengan Skema Baru Diva

Pelatih anyar Persijap Divaldo Alves akan menerapkan formasi 4-2-3-1, yang bagi kebanyakan pemain Indonesia masih belum terbiasa. Divaldo mengakui, banyak yang harus dipelajari dari skema tersebut.

Namun dia optimistis skema tersebut bisa dijabarkan pasukannya di lapangan hijau dalam persaingan Liga Super musim ini.

“Pada mulanya memang sulit melakukan adaptasi dengan skema yang masih baru di Indonesia ini. Tapi hal baru ini harus dicoba. Sejauh ini, kami terus beradaptasi,” kata Divaldo usai memimpin latihan fisik di Stadion Gelora Bumi Kartini, kemarin.

Menurut Diva, skema tersebut bisa berkembang sesuai dengan kebutuhan tim.
Yang jelas, barisan gelandang harus bekerja keras. Dari format 4-2-3-1 ini, di lapangan bisa bergeser menjadi 4-3-3 atau 4-5-1, disesuaikan dengan jalannya pertandingan.

Lebih Menyerang

Dengan 4-3-3, otomatis tim akan lebih menyerang dengan titik berat tekanan berada di kedua sayap yang agresif. Sedangkan formasi 4-5-1 dipakai saat tim bermain tandang.

“Kami butuh waktu untuk beradaptasi sebelum kick-off liga. Saya sudah informasikan ke pemain, pola ini harus segera dipahami, sebab selama satu musim kompetisi akan saya gunakan,” terangnya.
Sesi latihan kemarin dibagi dua, yakni pagi dan sore dengan menu latihan masih memperbaiki kondisi fisik. Sesi sore juga dibagi dua, sembilan pemain mengikuti latihan fisik di Stadion Gelora Bumi Kartini karena pada latihan pagi tidak bisa datang.

Sisanya mengikuti latihan fitnes. Dua pemain, Kasiadi dan penjaga gawang M Yasir, masih belum tampak dalam latihan tersebut. “Yasir sudah izin karena istrinya baru melahirkan, sedangkan Kasiadi belum ada kabar,” tambahnya.

Persoalan skema ini juga diungkapkan gelandang gaek Enjang Rohiman. Pola tersebut sudah tampak pada dua kali uji coba dengan Persiku dan Persijap U-21, namun masih butuh komunikasi antarpemain.
“Setiap skema ada kelemahan dan kelebihan, termasuk juga yang diusung Diva. Pemain sebisa mungkin akan terus adaptasi dengan skema ini. Cukup sulit memang, apalagi kalau kita kena counter attack, jika gelandang tidak disiplin bisa kecolongan,” tegasnya. (J4-41)
Super Liga 7490773375154602677

Posting Komentar

  1. skema 4-2-3-1 serangan intinya di sayap kanan dan kiri. gelandangnya harus lebih bekerja lebih keras, terutama pada bagian sayap. dan striker harus pandai-pandai memanfaatkan peluang. kalau bisa rekrut c. Ronaldo dan l. Messi sama strikernya ibrahim movic baru persijap bisa juara isl

    BalasHapus
  2. marcio sauza mantingan14 September 2010 18.51

    skema robert renee waktu di arema,insyaalloh sama kaya arema musim ini persijap bisa juara isl.....SEGERA REKRUT GUTI heading n kakine maut bos,sun enjang javier danan johan risky nofryansah,kipere m yasir........joss

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

Follow Us


History

Official Jersey

Archive

Follow by Email