Loading...

Kickoff ISL Diundur

PT Liga Indonesia (PT LI) mengundurkan jadwal kickoff Indonesia Super League (ISL) musim 2010-2011. Awalnya, PT LI menetapkan ISL musim depan dimulai pada 18 September. Tapi, setelah mempertimbangkan beberapa hal, kickoff mundur hingga 26 September.

''Pertimbangan utama pengunduran jadwal kickoff ISL musim 2010-2011 adalah berdekatan dengan Idul Fitri. Dikhawatirkan tim-tim kesulitan mendapatkan tiket pesawat untuk melakukan perjalanan away,'' kata Joko Driyono, CEO PT LI.

Untuk menandai bergulirnya musim kompetisi baru, sehari sebelum kickoff dilangsungkan partai community shield yang mempertemukan jawara ISL musim 2009-2010 Arema Indonesia dengan juara Piala Indonesia 2010 Sriwijaya FC.

Mengenai pendaftaran peserta, PT LI memberikan kesempatan untuk mendaftar pada 1 September-15 Oktober. ''Kami sudah me-launching pendaftaran via online. Itu memudahkan klub-klub untuk mendaftar. Tidak perlu face to face lagi. Semua bisa dilakukan secara online,'' sambung Joko.

Pada putaran pertama ISL musim depan, akan ada kevakuman sekitar dua bulan. Yaitu, pada November dan Desember. Itu terkait dengan keikutsertaan timnas Merah Putih di ajang Piala AFF 2010. Dengan jeda cukup lama itu, putaran pertama dijadwalkan selesai Februari 2011.

Sementara itu, beberapa terobosan baru ditelorkan PT LI untuk memperbaiki kualitas kompetisi musim depan.

Salah satunya, memperketat pemain-pemain asing yang berkompetisi di Indonesia. Khususnya pemain asal Benua Afrika yang selama ini membanjiri kompetisi tanah air.

''Mulai musim depan pemain Afrika yang boleh berlaga di Indonesia harus tercatat sebagai pemain timnas di negara masing-masing. Pemain Afrika yang bermain di luar Afrika masih bisa bermain di Indonesia, jika bermain di liga yang strata kompetisinya sesuai regulasi kita,'' beber Joko.

Pria asal Ngawi itu memaparkan, pihaknya tidak berniat mendiskriminasi pemain-pemain dari Benua Hitam. Langkah tersebut harus ditempuh, mengingat level kompetisi di Afrika lebih rendah daripada kompetisi Indonesia.

''Aturan ini bukan dalam konteks diskriminasi. Namun, referensi kita selama ini adalah IFFHS (situs yang terafiliasi dengan FIFA) dan saat ini level kompetisi Afrika berada di posisi bawah,'' beber Joko. ''Aturan ini hanya berlaku bagi pemain yang baru bermain di Indonesia. Sedangkan pemain yang ada sekarang, ya nasib mereka lah,'' sambungnya. (ali/c13/ko)
Super Liga 1074184080537746492

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Follow Us


History

Official Jersey

Archive

Follow by Email