Loading...

BLI Jadwal Ulang Semua Pertandingan


BADAN Liga Sepak Bola Indonesia (BLI) memilih menjadwalkan ulang kompetisi Divisi Utama Ligina 2008/2009. Hal itu terungkap pada pertemuan manajer klub-klub divisi utama dengan BLI di ruang Kahuripan, Hotel Sheraton, Surabaya, kemarin (14/3).

Direktur Kompetisi BLI Joko Driyono menyatakan, keputusan tersebut harus diambil, meski Kapolri Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri telah mengungkapkan bahwa Polri tidak melarang bergulirnya kompetisi sepak bola nasional. ''Memang benar, Kapolri menyerahkan ke polda masing-masing,'' paparnya.

''Tapi, lebih dari separo klub terkendala masalah izin. Jadi, daripada digelar tapi tidak efektif, lebih baik dijadwalkan ulang semua sekalian,'' lanjutnya.

Joko mengungkapkan, dengan diambilnya keputusan tersebut, jadwal divisi utama otomatis mundur. Divisi utama akan kembali dilangsungkan pada 12 April. Dengan demikian, babak reguler yang direncanakan kelar pada 25 April harus molor hingga 10 Mei. Babak delapan besar sampai final akan dilangsungkan pada pertengahan sampai akhir Mei.

''Asumsi kami mengambil jadwal pada tanggal itu karena kompetisi dilarang hanya selama kampanye. Di luar itu masih diizinkan,'' katanya.

Selain banyaknya klub yang dilarang melaksanakan kompetisi pada masa kampanye pemilihan legislatif (pileg), penundaan tersebut dilakukan karena menurut BLI, meski ditunda, divisi utama masih bisa selesai di rentang waktu yang masuk akal. Joko juga mengimbau agar insan bola tanah air berpikir positif pada keputusan polisi itu.

Dia menyatakan, sikap polisi itu bertujuan untuk memproteksi sepak bola nasional. Hasil rapat kemarin yang digarisbawahi Joko terkait dengan disepakatinya keputusan yang tidak diatur dalam manual liga. Keputusan itu adalah klub yang mendapatkan kendala perizinan harus diinfokan kepada BLI maksimal tujuh hari sebelum hari H.

''Tujuannya agar bisa dirancang skema penjadwalan ulang atau pemindahan tempat bila tidak dimungkinkan,'' ujar pria asal Ngawi, Jatim, itu.

Joko menegaskan, jika ada klub yang tidak memberitahukan mengenai izin tujuh hari sebelum hari H dan tidak ada peluang untuk dijadwalkan ulang, klub yang gagal melangsungkan laga tersebut diputuskan kalah 0-3. Tak hanya itu, kasus tersebut juga akan dibawa ke komdis (komisi disiplin) PSSI.

''Keputusan ini tidak ada dalam manual liga. Tapi, harus diambil dengan tujuan kepastian penyelenggaraan kompetisi,'' terangnya.

Dia menambahkan, nanti keputusan itu dimuat dalam manual liga. Joko menuturkan, pada rapat tertutup bagi media itu, awalnya klub-klub memang keberatan. Tapi, setelah diberi pengertian, akhirnya mereka memahami.

Sementara itu, sampai berita ini tulis, tadi malam masih berlangsung pertemuan antara PSSI, BLI, dan perwakilan klub-klub Djarum Indonesia Super League (DISL). Ketua Umum PSSI Nurdin Halid, Direktur BLI Andi Darussalam Tabusalla, Direktur Kompetisi BLI Joko Driyono, dan Ketua Pengda PSSI Jatim Haruna Soemitro juga hadir dalam pertemuan yang dilangsungkan di tempat yang sama.

Sama seperti pertemuan dengan Divisi Utama, agenda pertemuan tersebut juga membahas penjadwal kompetisi di tengah kampanye pemilu. (nar/diq)
Super Liga 3034420499227668454

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Follow Us


History

Official Jersey

Archive

Follow by Email