Loading...

Enam Laga Sebelas Kartu Kuning

Hujan kartu kuning melanda kubu Persijap. Sampai laga keenam melawan Persiwa baru-baru ini, sudah 11 kartu kuning yang dikeluarkan wasit untuk para punggawa Jepara. Dari 11 kartu kuning tersebut, tiga pemain masing-masing Gendut Dony, Evaldo Silva, dan Gustavo Guti menerima dua kartu dan harus menjalani hukuman satu pertandingan.

Beruntung, ketiga pemain itu sudah terbebas dari hukuman akumulasi. Sehingga saat melawan Persisam pada 10 November mendatang bisa dimainkan kembali. Sedangkan, lima kartu kuning lainnya diterima Danan Puspito, Anggo Julian, Risky Novriansyah, Khanif Muhajirin, dan Youn Sung-min.

Pelatih Persijap Suimin Diharja mengaku bisa memahami banyaknya kartu kuning yang diterima pasukannya. Dia mengatakan, saat ini timnya masih dalam proses pemulihan moral bertanding. Selain itu, Suimin juga tengah memasukkan karakter permainan Persijap yang keras namun tetap sportif.

”Namun, sejumlah pemain masih ada yang belum bisa memahami membedakan antara permainan keras dan permainan kasar. Sehingga ada beberapa pemain yang mendapat kartu karena hal-hal yang tidak sprtif,” kata Suimin.

Menurutnya, ada kartu kuning yang memang layak diterima pemain dan itu ”menguntungkan” untuk tim. Namun, tidak jarang ada juga kartu kuning akibat perbuatan bodoh. Misalnya menarik kaus lawan, bertengkar dengan lawan, atau protes berlebihan pada wasit. Kartu kuning jenis inilah yang tidak bisa ditolerir.

”Saya tidak menyalahkan pemain melakukan tackling untuk menghentikan lawan. Namun, itu harus dilakukan dengan teknik yang baik. Tidak ada niat mencederai lawan. Sehingga, wasit tidak perlu mencabut kartu dari kantungnya,” imbuh dia.

Terpisah, Wakil Sekretaris Tim Persijap Nurjamil mengatakan, pihaknya sudah mulai mengangsur denda kartu kuning ke PT Liga Indonesia. Dia menjelaskan, tim membayar denda sebesar Rp3 juta untuk seorang pemain yang telah mendapat dua kartu kuning. Jadi, kalau pemain baru mendapat satu kartu kuning, belum dihitungkan dendanya.

”Kami membayar denda setelah pemain mendapat kartu kuning kedua atau ketika pemain mendapat kartu merah dalam satu pertandingan,” ujarnya.

Sejauh ini, Persijap mulai mengangsur denda tersebut. Sebelum kick off melawan Persisam, 10 November mendatang semua denda tersebut harus telah terbayarkan. Denda ini untuk membayar dua kartu kuning yang masing-masing diterima Evaldo Silva, Gendut Dony, dan Gustavo Guti.

Di Persijap, lanjut Nurjamil, seluruh kartu kuning yang diterima pemain menjadi tanggung jawab manajemen. Baik kartu kuning yang memang layak diterima pemain. Maupun disebabkan kesalahan yang sebenarnya tidak perlu dilakukan pemain.

”Sempat ada wacana akan dibedakan. Kartu kuning yang dikarenakan kesalahan tidak perlu, akan dipotongkan dari gaji pemain. Namun, kebijakan ini dikhawatirkan membuat penampilan pemain di lapangan menjadi canggung. Akhirnya, kami memutuskan membayar seluruh denda kartu kuning yang diterima pemain,” terang Nurjamil.

Kartu Kuning Persijap
Risky Novriansyah 1 -
Danan Puspito 1 -
Khanif Muhajirin 1 -
Anggo Julian 1 -
Youn Sung-min 1 -
Gendut Dony 2 Terbebas Hukuman
Evaldo Silva 2 Terbebas Hukuman
Ferly La’ala 2 Terbebas Hukuman
Enjang Rohiman 2 Terbebas Hukuman
Gustavo Guti 2 Terbebas Hukuman
(msy/okezone)
Super Liga 1964345212270291140

Posting Komentar

  1. Pertamax gan...
    Wah kno gawe remi karek kurang kartu as karo joker...
    Mantaaf...

    BalasHapus
  2. WAH ANCEN WASITE SING RAK PECUS,OBRAL KARTU=NURDIN PSSI DAPAT DUIT.SEDIKIT SEDIKIT KARTU YEN DILUMPUKNO DUITE KABEH TEAM YO ANCEN AKEH RA.MAKANE SIP YEN ARIFIN PANIGORO GAWE LPI BEN ORA DIMONOPOLI PSSI NURDIN.

    BalasHapus
  3. waduh jika modelnya dapat kartu kuning kena denda,,, yaa bisa di buat bisnis kelas atas ituuu,,,sarang korupsiiiiiii,,,,,,,,

    BalasHapus
  4. PERLU DI KAJI ULANG ITU,,,BISA2 TEAM ISL BAKAL BANGKRUT KARENA KARTU KUNINGG,,

    BalasHapus
  5. yo wes... seng wes kadung yo wis, selanjutnya hrs main cantik..
    tp entuk kartu opo ora, GUTI mending gak usah dipasang. (guti=borok) peluang rak tau iso dadi gol,

    BalasHapus
  6. asyiiiiiiik....banyak yang dapat kartu.lumayan banyak yang bayar denda...ayo2 wasit..sering2 kluarkan kartu.ntar hasile kt bagi berdua....ahahahaha

    BalasHapus
  7. ati2 pakde Imin jgn keterusan nanti susah sendiri kalo andalan kena hukuman semua, sebab cadangan Persijap njomplang kemampuannya

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

Follow Us


History

Official Jersey

Archive

Follow by Email