Loading...

Bangkit dari Keterpurukan

JEPARA - Laga Djarum Indonesia Super League (DISL) antara tuan rumah Persijap Jepara versus Persiwa Wamena sore nanti dipastikan berlangsung ketat. Pada laga yang akan digelar di Stadion Gelora Bumi Kartini (SGBK) itu, kedua tim bakal berjuang untuk mengembalikan kejayaan mereka.

Persijap yang sempat menikmati posisi papan atas di klasemen sementara, kini harus puas menduduki peringkat ketujuh alias berada di klasemen papan tengah. Sementara Persiwa Wamena yang sempat merasakan runner up di klasemen, saat ini posisinya tergeser satu peringkat oleh Sriwijaya FC yang sama-sama mengumpulkan 50 poin.

Persiwa masih punya kans untuk kembali merebut posisi runner up, dengan catatan bisa bermain imbang atau menang atas Persijap pada laga kali ini. Namun jika kubu tuan rumah yang menang, maka upaya Evaldo dkk untuk berjuang mengembalikan posisi Persijap di klasemen papan atas akan semakin mudah.

So, kesempatan tampil di kandang kali ini yang notabene lebih menguntungkan dari segi recovery pemain dibandingkan tim tamu, harus dimanfaatkan para pemain Laskar Kalinyamat. Apalagi publik Jepara sudah haus akan kemenangan timnya. Maklum, sudah beberapa kali ini Persijap belum kembali merasakan kemenangan.

Di dua laga kandang terakhir, Persijap ditahan imbang tim tamu, masing-masing 2-2 melawan PSMS Medan dan 2-2 melawan Sriwijaya FC. Bahkan, di laga terakhir menghadapi tuan rumah Persita Tangerang, Persijap justru kalah 0-2. Ini jelas menjadi tantangan bagi para pemain Persijap untuk bangkit.

Memang, bukan perkara mudah bagi anak asuh Junaidi untuk mewujudkan hal itu. Ini diakui sendiri oleh pelatih yang akrab disapa Bang Jun itu. "Mental pemain harus dibenahi. Kita baru saja kalah 0-2 dari Persita di ajang Superliga dan kalah 0-1 dari Persikabo di ajang Copa. Untuk itu, saat menghadapi Persiwa, kita harus bisa mengembalikan kepercayaan diri pemain," ungkapnya.

Selain masalah mental, Bang Jun mengaku dukungan dari penonton sebenarnya dibutuhkan tim. Sayang, pihak Polda Jateng hingga kemarin masih memberlakukan aturan bahwa pertandingan tersebut bisa digelar dengan catatan tanpa penonton. "Ya mau bagaimana lagi. Kita harus tetap berusaha meraih poin di kandang, meski tanpa dukungan langsung dari penonton," jelasnya.

Bang Jun juga menegaskan, meski Persiwa termasuk salah satu tim papan atas di ajang Superliga musim ini, bukan berarti mereka tidak bisa dikalahkan. Sebaliknya, Bang Jun juga menginstruksikan kepada Evaldo dkk untuk tampil disiplin dan penuh konsentrasi, serta tidak menganggap remeh tim tamu.

Sementara, saat disinggung soal absennya Amarildo Souza yang selama ini memiliki peran sentral di lini tengah, Bang Jun mengaku telah menyiapkan beberapa alternatif.

Suharno Pilih Merendah

Datang dengan status sebagai tim tamu, pelatih Persiwa Wamena, Suharno, memilih untuk bersikap merendah. Saat ditanya seputar kesiapan timnya menghadapi laga kali ini, pelatih tim berjuluk Badai Pegunungan itu justru memuji kekuatan tim Persijap.

"Menurut saya, Persijap merupakan tim bagus. Memang mereka baru saja mengalami kekalahan, tapi itu justru akan memotivasi mereka untuk bermain lebih baik di pertandingan ini," ungkap mantan pelatih Persis Solo tersebut, usai menjajal lapangan di SGBK, kemarin.

Dia mengungkapkan, meski tuan rumah akan tampil tanpa dukungan penonton, bukan berarti semangat bertanding Persijap akan menurun. Meski demikian, dia pun optimistis jika peluang timnya untuk meraih kemenangan di kandang Persijap belum tertutup.

Pada pertemuan pertama di kandang Persiwa, anak asuh Suharno sukses menekuk Persijap dengan skor 1-0. Suharno berharap, hasil pada pertemuan pertama itu bisa memotivasi para pemainnya untuk mempertahankan kemenangan atas Persijap.

Persiwa sendiri mempunyai sederet pemain berkualitas yang bisa mengancam gawang Persijap, seperti di antaranya Pieter Rumaropen yang sementara ini telah menyumbangkan sembilan gol untuk Persiwa. Selain itu juga ada Boakai Edi Foday dengan tujuh gol, serta Redouane Barkaoui dengan enam gol. (zis/aji/JP)
Super Liga 5893945852382943926

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Follow Us


History

Official Jersey

Archive

Follow by Email